Anak Tukang Becak Lulus Kedokteran UGM

“Kalo cuma ngomong kayag gitu sih, tukang becak di pinggir jalan juga bisa mas…”
“Kalo cuma ngejelek-jelekin orang lain, tukang becak sambil ngisap kretek juga bisa pakde…”
“Wah, jaman sekarang, tukang becak udah pegang hape…”
Ungkapan-ungkapan yang bernada menyepelekan tukang becak seperti di atas tentulah sudah tidak asing bagi kita. Om Bodong yakin, hampir dari kita semua pernah mendengar ungkapan-ungkapa seperti itu. Ungkapan yang seolah-olah menempatkan tukang becak sebagai pemilik kasta terendah dalam kehidupan manusia. Mengingatkan kita pada kasta sudra, pada stratifikasi masyarakat di dalam agama Hindu. Benarkah tukang becak sehina itu?

Tanggapan itu mungkin benar, mungkin juga salah. Om Bodong sering melihat tukang becak yang harus bekerja keras untuk bertahan hidup di dunia ini. Mereka bekerja siang dan malam, hanya untuk sekedar mencari sesuap nasi bagi keluarganya. Ahh, betapa beratnya menjadi tukang becak.

Namun, di masa yang lain, Om Bodong melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana seorang tukang becak sanggup menyekolahkan anaknya hingga menjadi dokter dari kampus UGM. UGM, yang sering diplesetkan menjadi Universitas Gedhe Mbayare, plus fakultas kedokteran, yang tentunya terkenal dengan harganya yang super mahal! Dan itu kenyataan! Anak tukang becak telah lulus kedokteran UGM!

Adalah Agung Bachtiyar, pemuda nan gigih yang telah dengan gagahnya lulus dari kedokteran UGM dengan IPK 3,51. IP yang tidak terlalu jelek untuk ukuran mahasiswa. Dengan penuh perjuangan, mas Agung ini berhasil menyelesaikan studinya di kedokteran UGM yang memiliki pergaulan tingkat atas dan rata-rata berada di kalangan ‘berada’.

Mungkin usahanya tidak akan pernah berhasil jika tanpa dukungan penuh dari orang tua yang selalu berusaha untuk mas Agung kita ini. Sekali lagi, selamat kepada mas Agung!

Tukang becak, tak akan berhenti memberikan sensasi, terulah berlari para tukang becak, tunjukan kerasnya usahamu pada dunia! Tukang becak, lambang perlawanan sejati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s